Tentang Universitas Terbuka (UT)



Asalamualaikum wr wb,

Sumber : edukasi.rakyatku.com

Hai sobat hawa...
Pada celotehan kali ini saya akan membahas sedikit pengetahuan saya tentang kuliah di Universitas Terbuka. Apa itu Universitas Terbuka ? Universitas Terbuka merupakan Perguruan Tinggi Negeri yang ke-45 dan berdiri sejak 4 September 1984. Universitas Terbuka atau yang lebih dikenal dengan UT ini menerapkan Pendidikan Sistem Belajar Jarak Jauh (PSBJJ). Maksud belajar jarak jauh disini adalah dengan sistem belajar menggunakan media yang terdiri atas media cetak (modul) dan media non cetak (audio, cassete, TV, internet berupa Bahan Ajar Digital). Bahan Ajar Digital (BA Digital) merupakan aplikasi modul melalui internet yang dapat di akses secara online melalui laptop, tab, dan smartphone. Mata kuliah pada BA Digital dapat pula di download kemudian dibaca saat offline. Dengan kecanggihan PSBJJ sehingga pembelajaran mampu dijangkau di seluruh Indonesia bahkan sampai ke luar negeri lho.. itulah sebabnya mahasiswa akan dituntut untuk dapat belajar mandiri dikarenakan dapat belajar dimanapun dan kapanpun (fleksibel).

Sumber : play.google.com

Belajar mandiri di UT adalah kegiatan belajar (mulai dari materi kuliah, diskusi, tugas kuliah) yang semuanya dilakukan dengan melalui internet, yaitu dengan mengikuti Tuton alias Tutorial Online (kecuali UAS y..). Tuton dapat dikerjakan kapan pun dan dimana pun sesuai dengan batas waktu yang ditentukan oleh Tutor atau dosen untuk sebutan di UT. Nah, bagi mereka yang ingin belajar bersama-sama seperti kelas reguler, mereka dapat mengikuti kelas TTM yaitu Tutorial Tatap Muka. TTM ini diadakan setiap hari sabtu atau minggu selama 8x pertemuan @120 menit/mata kuliah/semester. Tidak semua mata kuliah ada TTM semua tergantung kuota kelas, minimal ada 20 mahasiswa yang mengajukan kelas TTM pada mata kuliah yang diinginkan. Tuton memiliki kontribusi 30% dan TTM memiliki kontribusi 50% terhadap nilai kelulusan. Semua itu dapat di atur sesuai jadwal, kebutuhan dan kemampuan masing-masing mahasiswa.

Jurusan-jurusan di Universitas Terbuka, yaitu :

1. FKIP (Fakultas Keguruan dan Pendidikan) program S1

2. FEKON (Fakultas Ekonomi) program S1

3. FMIPA (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) program S1

4. FHISIP (Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) program S1 dan Diploma

5. Program Pascasarjana (Magister / S2)

6. Program Sertifikat

Pendaftaran di UT dibuka setahun 2x yaitu pada awal semester ganjil dan awal semester genap. UT mengenal 2 jenis registrasi, yaitu registrasi pertama untuk yang baru mendaftar untuk kuliah di UT dan registrasi mata kuliah bagi mahasiswa yang telah terdaftar di UT untuk mengambil mata kuliah pada semester selanjutnya (untuk syarat registrasi akan saya bahas pada postingan berikutnya). Biaya pendidikan di UT pun sangat terjangkau berkisar Rp 36.000-Rp 55.000/ mata kuliah, tergantung jurusan yang kalian pilih nanti. Biasanya persemester terdiri dari 6 mata kuliah jika kita mengambil paket SIPAS, tetapi untuk paket Non Sipas jumlah mata kuliah persemester dapat kurang maupun lebih dari 6 mata kuliah. Paket semester dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial kalian., untuk rincian biaya pendidikan lebih jelasnya silahkan kunjungi https://www.ut.ac.id/biaya-pendidikan

Sumber : id.wikipedia.org

Kualitas lulusan UT sama dengan PTN (Perguruan Tinggi Negeri) lain, status UT legal. Dengan demikian ijazah yang dikeluarkan UT mempunyai civil effect yang sama dengan ijazah yang dikeluarkan PTN lainnya di Indonesia. UT juga memiliki program beasiswa, baik beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) bagi mahasiswa yang berprestasi, dan program beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu. Jadi, jangan ragu ya untuk lanjut kuliah di UT ! Mari kita majukan pendidikan di Indonesia, jangan patah semangat untuk meraih pendidikan setinggi mungkin. Tidak lagi ada alasan untuk tidak kuliah karena terbentur biaya dan waktu.

"Wanita berpendidikan tinggi bukan untuk menyaingi lelaki tapi untuk membangun generasi. Wanita itu juga wajib berpendidikan karena dengan memiliki pendidikan tinggi sebuah generasi baru akan terdidik pula".

Thanks and Happy Readers :)

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Daftar Kuliah di Universitas Terbuka

Tanda blog diterima google adsense (tahap 1)

(Tips) Manfaat Vaseline Repairing Jelly Untuk Kecantikan