Pengalaman Daftar Kuliah di Universitas Terbuka


Sumber : almetpedia.web.id

Assalamualaikum wr wb,
Apa kabar sobat hawa? semoga selalu sehat ya.. Pada postingan celotehan kali ini saya akan membahas sedikit pengalaman saya saat mendaftar kuliah di Universitas Terbuka (UT). Saya juga akan menjelaskan apa saja syarat yang harus dipenuhi untuk mendaftar kuliah dan masa OSMB di UT. Di Universitas Terbuka  ada 4 jenis registrasi, yaitu registrasi pertama, registrasi mata kuliah, registrasi Tugas Akhir Program (TAP), dan registrasi Karya Ilmiah (Karil). Kesemua registrasi tersebut dapat dilakukan baik secara offline (datang langsung ke kantor UT/UPBJJ) maupun secara online lewat PC/laptop dengan mengunjungi web resmi dari UT yaitu ut.ac.id.

Berhubung saya masih berstatus mahasiswa dan belum pernah mengambil TAP dan Karir (seperti skipsi), maka yang akan saya jelaskan hanya registrasi pertama dan registrasi mata kuliah saja. Untuk registrasi pertama saya memilih secara offline, dengan pertimbangan karena saya belum begitu paham tentang registrasi online dan lewat offline saya bebas bertanya kepada petugas UT tentang hal-hal yang belum saya mengerti saat pendaftaran dan registrasi berikutnya nanti. Tapi untuk pendaftaran mata kuliah saya melakukannya secara online, dikarenakan tempat tinggal saya cukup jauh dari gedung UT biasa disebut dengan UPBJJ, sehingga saya putuskan registrasi mata kuliah lebih efisien secara online. Untuk registrasi TAP dan Karil tidak akan saya jelaskan sekarang karena saya belum sampai pada tahap itu. Berikut rincian penjelasan masing-masing registrasi yang dilakukan secara offline, yaitu :

1. Registrasi Pertama

Registrasi pertama ini dilakukan ketika pertama melakukan pendaftaran kuliah di UT, jadi sekali saja selama menjadi mahasiswa UT yaitu saat pertama daftar, adapun syaratnya adalah sbb :

a. Syarat :

- Mengisi data pribadi (DP)
- Menyerahkan satu lembar foto kopi ijazah yang telah dilegalisir
- Menyerahkan 3 lembar pas foto 2x3 cm
- Menyerahkan 2 lembar pas foto 3x4 cm
- Foto kopi SK pengangkatan guru : SK PNS/Yayasan/NUPTK (khusus untuk FKIP)

b. Menyerahkan semua berkas ke petugas UT di UPBJJ (kantor UT)

c. Menerima Lembar Data Pribadi dan memeriksa kesesuaian data pribadi

d. Menerima Lembar Informasi Pembayaran Registrasi (LIPR) dan memeriksa kesesuaian data registrasi

e. Membayar SPP ke BRI/BTN/Mandiri menggunakan LIPR

2. Registrasi Mata Kuliah

Registrasi mata kuliah dilakukan setiap akan mulai semester baru sebelum dimulainya masa perkuliahan (sebelum pembelajaran berlangsung). Registrasi ini menentukan mata kuliah apa saja yang nanti akan kita pelajari di setiap semesternya. Jadi registrasi mata kuliah ini dilakukan setahun 2 kali pada awal semester ganjil (semester 1) dan awal semester genap (semester 2). Berikut tahapan registrasinya, yaitu :

a. Memilih dan menentukan mata kuliah yang akan diambil maksimal 24 sks

b. Mengisi formulir mata kuliah dan menyerahkannya ke UPBJJ (kantor UT)

c. Meminta Lembar Informasi Pembayaran  (LIP) ke UPBJJ

d. Menerima dan memeriksa kesesuaian LIP dari UPBJJ

e. Membayar SPP ke BRI/BTN/Mandiri menggunakan LIP

Saat sebelum mulai mendaftar kuliah di UT, saya sebelumnya sudah mencari informasi tentang UT dan syarat mendaftar di UT. Sehingga saat akan daftar di UPBJJ UT saya sudah ada persiapan semaksimal mungkin, sehingga proses pendaftarannya juga cepat. Di UPBJJ UT juga nanti akan ada banyak staft hingga dosen UT yang akan membimbing calon mahasiswa dalam proses pendaftaran sebelum diserahkan pada petugas penginputan data di UT. Karena jika data kita sudah sampai pada petugas peginputan data pendaftaran mahasiswa baru, maka jika ada kesalahan data akan berdampak pada kelulusan nanti. Selain mendapat LIPR kita juga mendapat penjelasan info jadwal OSMB, pembayaran jas almamater UT, dan cara mendapatkan modul / buku mata kuliah setiap semesternya. Jangan lupa saat mendaftar offline nanti tanyakan apa saja yang kalian ingin tanyakan pada petugas UT di UPBJJ. Misalnya saya dulu bertanya apa saja yang dibawa dan pakaian yang dikenakan saat OSMB, dll. Untuk yang dibawa hanya alat tulis karena nanti saat OSMB kita akan mendapat katalog OSMB yang berisi penjelasan-penjelasan dari UT. Nah.. untuk pakaian yang dikenakan atas putih dan bawah berwarna hitam, nanti saat OSMB kita akan melakukan pembayaran sekaligus menerima jas almamater.

OSMB adalah singkatan dari Orientasi Studi Mahasiswa Baru, kalau di kampus lain itu seperti mos/ospek. OSMB ini juga dilakukan pada saat menjadi mahasiswa baru sebelum masa perkuliahan semester baru di mulai, akan tetapi kegiatan dalam OSMB di UT berbeda seperti di kampus kebanyakan. OSMB di UT hanya diisi dengan berbagai topik diskusi dan memberikan penjelasan/pengarahan dari dosen dan staf ahli UT kepada mahasiswa baru. Jadi tidak ada yang namanya kegiatan fisik yang mendebarkan oleh para senior mahasiswa (kakak kelas) kepada juniornya (adik kelas). Mahasiswa UT itu beragam dari mulai usia muda hingga usia tua, lulusan baru maupun lulusan yang sudah lama sekali seperti saya ini :D. OSMB ini diisi dengan pengenalan tentang UT, visi misi, menyanyikan hymne UT, sistem dan layanan belajar di UT (online dan offline), cara mendapatkan modul UT (buku mata kuliah), cara belajar mandiri yang efesien, sesi tanya jawab, dan sesi kuis berhadiah, enaknya OSMB ini berlangsung hanya 1 hari saja. Dimulai dari pukul 08.00 sampai pukul 16.00 dengan 2x sesi istirahat (plus dapat snack dan makan siang gratis xixixi...) untuk ruangan tempat OSMB pun bersih dan sejuk lho.. nyaman dech.

Katalog OSMB UT

So.. itulah sedikit pengalaman saya saat pertama registrasi hingga saat OSMB, menyenangkan dan tidak melelahkan sama sekali. Bagi kalian sobat hawa yang ingin kuliah di UT, bisa persiapkan syarat registrasi pertama dengan baik agar saat datang ke UPBJJ tidak ada berkas yang kurang jadi tidak perlu repot bolak balik lagi. Untuk lebih jelasnya dapat kalian cari di web UT atau hubungi hallo UT saja yang ada di web UT, sehingga sobat hawa dapat langsung berkomunikasi dengan staf UT. Semoga celotehan saya kali ini dapat bermanfaat bagi sobat hawa, mohon maaf jika ada salah kata dalam penulisan dan jika ada perbedaan pada data syarat pendaftaran UT di atas.

Thanks and Happy Readers : )


Comments

  1. Assalamualaikum kak.. maaf mau tanya kak apa selama proses pendaftaran jadi maba di ut itu ada ujian masuknya ya? Karna saya lihat di ig ada beberapa orang berkomentar mengenai lokasi ujian masuk. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam nikita, untuk jalur biasa/umum tdk ada ujian masuknya, mungkin itu yg ikut jalur bidikmisi, silahkan cek web UT di https://ut.ac.id ,tks sdh mampir diblog saya :)

      Delete
  2. Assalamualaikum ka, mau tanya kalau kaka ambil sipas atau non sipas?

    ReplyDelete
  3. mau nanya ka. modulnya nanti kita beli atau dapat dari UT? terus kalo dapat, dapatnya kapan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo utk sipas, pembayaran uang semester sudah termasuk pembelian modul jd jika sudah melakukan registrasi semester dan melunasi pembayarannya maka modul bs diambil di UPBJJ UT (kantor UT tempat melakukan registrasi)

      Delete
  4. Assalamualaikum kak,mau tanya. Saya kan sudah kirim berkas ke petugas kata petugasnya tunggu email. Setelah saya dapat email, saya bingung harus gimana lagi. Isi emailnya sih harus bayar billing admisi dulu tapi gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo mmg sdh dpt LIP pembayaran dr petugas UT, silahkan saja lakukan pembayaran. Tapi jk msh bingung/ragu bisa hubungi hallo UT :)

      Delete
  5. Kak, klo mengikuti osmb itu diharuskan sesuai tmpt ujian saat mendaftar atau bisa dtg langsung ke upbjjnya?

    ReplyDelete
  6. Ka kalau di UT bisa ngmbil double jurusan ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya tidak bisa ka, tp silahkan dikonfirmasi lagi sm petugas UT di hallo UT saja, ada di web ut.ac.id

      Delete
  7. Klo umum kita ambil sipas apa ya, saya bingung, saya masih cari informasi Krn lokasi ut lmyan jauh, trus klo
    ambil formulir offline kena biaya berapa, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk ambil fomulir itu gratis, utk sipas ada sipas TTM dan non TTM, utk TTM pertemuan perkuliahaan diadakan stp hr sabtu / minggu ka, utk sipas non TTM tidak ada pertemuan tatap muka tetapi kuliah dilakukan secara online baik materi, diskusi maupun tugasnya. Tks ka sdh berkunjung diblog saya.

      Delete
  8. Klo umum kita ambil sipas apa ya, saya bingung, saya masih cari informasi Krn lokasi ut lmyan jauh, trus klo
    ambil formulir offline kena biaya berapa, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pilihan sipas ada sipas TTM (perkuliahan dg tatap muka stp hari sabtu/mgg) dan sipas non TTM (perkuliahan dg sistem online ini bs dikerjakan dmn saja & kpn saja asal tdk melewati batas wkt unggah tugas, yg pntg koneksi internetnya baik & lancar), kakak bs pilih sipas sesuai dg kondisi yg sesuai dg kakak saat ini baik dr segi wkt, tempat maupun biaya, terima kasih sdh mampir di blog aku 😊

      Delete
    2. Oia, utk wkt pendaftaran kuliah aku dulu, pengambilan formulir scr offline tdk dikenakan biaya (gratis) 😊

      Delete
  9. kak kalau jas almamater itu udah sepaket bayarnya sama uang semester dan uang modul,,atau nanti beli sendiri,,dan kalo beli harganya berapa...makasii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Utk uang jas almamater dibayar terpisah ya ka, dlu wkt aku pembayaran sekitaran 100 atau 150 rb-an (maaf agak lupa), terima kasih sudah mampir di blog aku 😊

      Delete
  10. mau nanya kk kalau yg sipas non ttm kalau ngirim semua persyaratan di atas apa harus lewat pengiriman langsung atau boleh lewat online kk? kalau online itu cobtoh ijazahnya di foto lalu dikirim online?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tanda blog diterima google adsense (tahap 1)

(Tips) Manfaat Vaseline Repairing Jelly Untuk Kecantikan