Tanda blog diterima google adsense (tahap 1)


Sumber : alison.com

Assalamualaikum wr wb,
Sobat hawa semua, pada celotehan kali ini saya akan membahas tanda blog kita diterima pada tahap 1 review dari google adsense. Postingan ini berdasarkan pengalaman saya pribadi, semoga bisa bermanfaat untuk para sobat hawa sekalian yang sedang atau akan mendaftarkan blog anda pada google adsense. Alhamdulillah, saya bersyukur karena pada proses pendaftaran blog saya ini ke google adsense hanya memakan waktu kurang lebih 3 hari saja sudah langsung diterima oleh pihak google adsense. Dari mulai tahap review pertama yang memakan waktu sekitar 1/2 hari saja sampai tahap review kedua yang berlangsung selama 2 hari. Dan jika blog kita sudah diterima pada tahap 1 dan tahap 2 oleh google adsense, berarti blog kita sudah dapat menayangkan iklan google adsense atau istilahnya kita adalah publisher google adsense

"Adsense" siapa yang tidak tahu produk dari google ini? di era yang serba canggih dan modern ini, hampir semua orang tahu tentang google adsense. Adsense adalah cara gratis untuk mendapatkan penghasilan dengan menempatkan iklan dari google di situs web pribadi kita, seperti blog atau youtube. Nah.. orang yang mempunyai situs web tersebut yang telah diizinkan untuk menayangkan iklan dari google adsense disebut "publisher google adsense". Sudah banyak blog-blog senior yang membahas tentang google adsense, tutorial pendaftaran di google adsense, tips dan trik agar blog kita dapat di approve oleh google adsense, dll. Blog saya ini masih dibilang sangat baru (newbiedi dunia blogging, tetapi saya ingin mencoba berpatisipasi dalam memberikan sedikit pengalaman saya ketika saya sudah menjadi publisher google adsense.

Untuk mengetahui blog kita diterima atau tidaknya dalam review tahap 1 oleh google adsense, ada  beberapa blogger yang mendapat info pemberitahuan dari google berupa email namun ada juga yang tidak mendapat info apapun. Lain halnya jika blog kita sudah diterima pada review tahap 2 dari google adsense, maka kita pasti akan mendapat info pemberitahuan dari google adsense yaitu berupa email. Blog saya ini ketika sudah diterima dalam review tahap 1 dari google tidak mendapat info apapun, tetapi saat sudah diterima dalam tahap 2 saya mendapat email pemberitahuan dari google. Jika sudah mendapat info email dari google, berarti kita sudah diterima dalam review tahap 1 dan tahap 2 google adsense dan kita sudah menjadi publisher google adsense.

Berikut beberapa tanda berdasarkan pengalaman saya ketika diterima dalam tahap 1 review dari google adsense, yaitu :
1. Pada menu penghasilan di dashboard blog kita, yang paling atas setelan tampilan adsense ada tulisan "akun/situs anda sedang menunggu persetujuan" tetapi jika kita sudah diterima pada tahap review 1 google adsense maka sudah tidak ada lagi tulisan tersebut. Jangan lupa klik "ya" untuk menampilkan iklan pada blog. Oia, untuk blog yang tidak ada menu penghasilan maka untuk menampilkan menu penghasilan pada setelan bahasa dan pemformatan yang tadinya bahasa Indonesia, kemudian kita ubah menjadi bahasa Inggris (Amerika Serikat) lalu kita refresh (tekan F5) maka menu penghasilan akan muncul pada dashboard blog kita.

Pada menu penghasilan di atas setelan tampilan iklan adsense ada tulisan "akun/situs anda sedang menunggu persetujuan" jika masih dalam review tahap 1, dan jangan lupa klik "ya" agar iklan adsense ditampilkan pada blog


Klik setelan lalu klik menu bahasa dan pilih bahasa Inggris (Amerika Serikat) agar menu penghasilan muncul pada dashboard blog

Tampilan menu penghasilan pada dashboard blog

2. Pada menu penghasilan tersebut yang sebelumnya tidak bisa diaplikasikan tata letak untuk kotak penempatan iklan adsense, jika sudah diterima pada tahap 1 ini maka tata letak kotak iklan sudah bisa di atur dan diaplikasikan pada tema blog kita dan klik pada tulisan "sesuaikan lebih lanjut dalam persiapan iklan lanjutan" yang akan muncul adalah menu tata letak.

Klik menu penghasilan pada dashboard blog

Lalu klik tulisan yang diberi garis warna pink

3. Pada menu tata letak ini akan ada tampilan gadget baru yang didalamnya ketika kita klik ada tampilan menu google adsense di paling atas. Tampilan tersebut sudah dapat kita tambahkan pada menu tata letak tema blog kita nanti, tinggal klik google adsense kemudian atur setelan ukuran dan warna iklan google adsense kemudian disimpan. Gagdet google adsense dapat kita tambahkan lagi sesuai jumlah iklan yang ingin kita tampilkan dalam 1 blog kita, tapi alangkah baiknya diatur sesuai kenyamanan pembaca dan menurut ketentuan dari google adsense.

Tampilan menu tata letak yang sudah ada menu tambah gadget
4. Setelah kita aplikasikan setelan menu gadget google adsense selanjutnya kita lihat tampilan blog kita, jika pada blog kita ada kotak iklan tetapi masih kosong itu artinya blog kita sudah diterima dalam tahap review pertama google adsense dan mulai memasuki review tahap kedua google adsense. Karena jika pada blog kita belum ada kotak untuk penempatan iklan dari google, artinya kita belum diterima pada tahap 1 ini.

Contoh tampilan iklan adsense pada blog jika blog sudah di terima oleh google adsense 
Jika kita sudah mengetahui bahwa blog kita sudah diterima pada tahap 1 google adsense, selanjutnya kita hanya tinggal menunggu info review tahap 2 dari google adsense. Sebaiknya selama blog kita masih dalam tahap review google adsense, kita jangan mengutak-atik tampilan menu tema blog. Dengan merubah tampilan blog, google adsense akan menganggap blog kita masih dalam tahap pembaruan dan belum siap untuk menayangkan iklan. Dalam rangka menunggu inilah, satu atau dua hari setelah lolos tahap review 1 google adsense kita harus tetap aktif memposting tulisan dalam blog kita. Demikian pengalaman saya saat berhasil diterima pada tahap 1 google adsense, dan semoga pengalaman saya ini dapat bermanfaat untuk sobat hawa yang sedang harap-harap cemas menanti pengumuman dari mbah google.

Thanks and Happy Readers :)

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Daftar Kuliah di Universitas Terbuka

(Tips) Manfaat Vaseline Repairing Jelly Untuk Kecantikan